Benarkah Spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium Tidak Sesuai Iklannya?

Bagaimana mengetahui spec asli dari Smartphone yang kita gunakan?
Apakah sudah benar seperti yang di iklankan oleh Vendor nya?
Kalau tidak sesuai spec antara iklan dan kenyataan, apakah Smartphone kita adalah barang Palsu ?
Atau Seller yang menjual Smartphone tersebut adalah penipu ?

Hal ini baru saya sadari ketika ada seorang kawan yang bertanya kepada saya.
Mengapa spec Sony Xperia Z5 Premium Dual tidak sesuai dengan iklannya ?
Dalam hal ini yang dipermasalahkan adalah Screen Resolution dan Camera Resolution.

Pada umumnya untuk mengecek Spesifikasi dari Smartphone kita menggunakan Antutu dan CPU-Z.
Ketika dilakukan pengecekan menggunakan apps CPU-Z dan Antutu, Resolusi Layar Xperia Z5 Premium adalah 1080 x 1920 pixel yang biasa disebut FULL HD, padahal kan masuk rekor bahwa Xperia Z5 Premium adalah smartphone pertama yang memiliki resolusi 4K pada layarnya yaitu 2160 x 3840 pixel.

Z5P Spec Info (4)

Dan lebih heran lagi Resolusi Camera nya hanyalah 8 Mp yaitu 3840 x 2160 pixel, padahal di salah satu website ternama DXO Mark Mobile melakukan pengetesan bahwa Camera Xperia Z5 adalah yang terbaik menurut versi mereka dan juga di body Xperia Z5 Premium pun tertulis 23 Mp  5520 x 4140 pixel.

Z5P Spec Info (1)

 

Kok bisa ya?? Tingkat keyakinan akan keAslian SmartPhone kita jadi menurun, dan tingkat kepercayaan kepada Seller yang katanya Recommended juga ikut menurun.

Setelah dilakukan penelusuran lebih jauh informasi, ternyata ada beberapa Apps yang tidak support atau tidak bisa mendeteksi Spesifikasi dari Smartphone kita secara akurat. Dan saya pun menemukan salah satu apps yang cukup akurat yaitu AIDA64, bisa di download secara gratis di PlayStore

Z5P Spec Info (3) Z5P Spec Info (2)

Disana sudah benar tertulis bahwa Screen Resolution dari Xperia Z5 Premium adalah 2160 x 3840 pixel atau 4K dan Camera Resolution adalah 5520 x 4140 pixel atau 23 Mp.

Jadi jangan berburuk sangka dulu sebelum menggali informasi dulu, dan yang lebih parah lagi malah menyalahkan Pabriknya dan Sellernya yah…

SmartPhone for a SmartPeople

Selamat Beraktivitas dan Kami tunggu di Group Facebook MarkasTech