Bingung Dengan Garansi ? Berikut penjelasannya…

Apakah sebenarnya Garansi itu ?

Garansi itu adalah pemberian jaminan dari vendor kepada konsumen ketika barang yang dijual itu mengalami kerusakan yang disebabkan oleh cacat produksi. Garansi bisa meliputi Service, Spare Part dan Unit

Jadi kerusakan yang disebabkan oleh faktor lain seperti bencana alam, human error dll itu secara umum menyebabkan garansi hangus.

Beberapa macam jenis Garansi :

Garansi Resmi
Garansi yang diberikan oleh vendor kepada konsumen di suatau negara dimana barang tersebut memiliki ijin resmi untuk dijual. Garansi ini tidak berlaku apabila barang di klaimkan ke negara lain.

Garansi International
Garansi yang diberikan oleh vendor kepada konsumen di beberapa Negara yang memang sudah menjual produknya secara resmi. Pada umumnya hanya berlaku di beberapa negara tertentu sesuai dengan ketentuan dari Vendor.
Contoh : barang beli di amerika, tapi klaim garansi bisa di indonesia atau sebaliknya.

Garansi Distributor / Toko
Garansi yang diberikan oleh distributor / toko kepada para konsumennya. Pembelian di distributor / toko lain tidak bisa di klaim garansi. Ketentuan garansi bisa berbeda antara Distributor / Toko satu dengan yang lain, meskipun barang yang dijual sama.

Sebelum membeli barang elektronik apapun, hendaknya Konsumen menanyakan tentang garansi apa yang di dapat sekaligus detailnya. Setelah melakukan pembelian jangan lupa untuk meminta Kartu Garansi dan Nota Pembelian.

Seringkali kita mendengar pembelian smartphone dengan garansi International, sejauh ini smartphone yang bergaransi international adalah smartphone yang harganya fantastis, seperti misalnya merk Vertu dan Grosso. Kalau ada merk seperti Sony Xperia, Samsung, dll yang dijual dengan garansi international semestinya itu adalah Garansi Distributor atau mungkin non Garansi karena tidak ada Kartu Garansi nya.

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Terima Kasih

FB Groups : markastech.com